Istilah Dien Islam

Makna Dien Islam

Din atau dien berasal dari Bahasa Arab (Ad Diin).

Secara bahasa, dien berarti tradisi, perilaku, perhitungan, kekuasaan, hukum, ketaatan, balasan, peraturan. Secara istilah umum dien dapat juga diartikan sebagai agama. Dien Islam berarti peraturan – peraturan Allah untuk mengatur umat manusia menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.

Dilihat dari arti bahasa, dapat disimpulkan dien itu adalah suatu sistem kehidupan yang saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya dan tidak dapat dipisahkan. Berarti dien Islam adalah suatu sistem kehidupan Islam yang diridhoi oleh Allah untuk mengatur kehidupan manusia. Sedangkan kehidupan manusia itu tidak hanya menyangkut hubungan seorang hamba kepada Tuhannya tetapi aspek kehidupan lainnya seperti idiologi, hukum, perundang-undangan, keuangan, politik dan lain sebagainya.

Jika kita hanya mengartikan dien itu sebagai agama Islam, ditakutkan akan mengkerdilkan arti dari dien Islam itu sendiri. Padahal dien Islam itu lebih besar dari itu. Karena dien Islam berarti suatu sistem Islam untuk mengatur segala aspek kehidupan manusia baik muslim maupun non-muslim.

[3.83] Maka apakah mereka mencari dien yang lain dari dien Allah, padahal kepada-Nya-lah berserah diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan.

[2.208] Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.

[2.209] Tetapi jika kamu menyimpang (dari jalan Allah) sesudah datang kepadamu bukti-bukti kebenaran, maka ketahuilah, bahwasanya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

[2.256] Tidak ada paksaan untuk (memasuki) dien (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barang siapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Penegakan Dien Islam Dari Masa Dulu Sampai Sekarang

Dien Allah diturunkan melalui para utusan-Nya dari nabi Adams as sampai dengan nabi Muhammad SAW. Mereka membawa ajaran yang sama yaitu dien Islam tetapi hanya saja syariatnya saja yang berbeda-beda. Berbeda dengan rasul-rasul sebelumnya yang diutus untuk kaumnya masing-masing, maka Rasullullah adalah nabi terakhir yang diutus sebagai rahmat bagi seluruh alam, hingga akhir zaman. Dien Allah yang diturunkan kepada Rasulullah telah sempurna. Misi yang diemban setiap nabi Allah pun tetap sama yaitu penegakan Dien Islam dimuka bumi ini. Misi ini pun tidak ada yang terputus dari dulu sampai sekarang. Walaupun Nabi Muhammad SAW telah wafat, tetapi misi ini tidaklah terputus sampai dengan saat ini.

[2.132] Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih dien ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk dien Islam”.

12 responses to “Istilah Dien Islam

  1. insya Alloh, itu memang benar. karena yang benar itu datangnya dari yang maha benar : Alloh SWT (Al- Qur’an), Rosul (sunnahNya) dan Ulil Amri yg menjalankan Al-Qur’an&SunnahNya.

  2. Yg jelas diin itu bukan agama, diin itu hanya milik tuhan semesta alam, agama adalah karya manusia; buktinya didunia ini ada banyak sekali aliran agama, masing2 mengklaim agama mrk lah yg benar

  3. Salam kenal gan.. ijin ngomentarin tentang Dien Islam yaa… semoga komentarnya memberi manfaat buat agan penulis dan agan pembaca sekalian. Amin

    Saya mau mengomentari paragraf yang pertama saja…. singkat padat saja ya gan …

    Agan bilang “Dien Islam berarti peraturan – peraturan Allah untuk mengatur umat manusia menuju kebahagiaan dunia dan akhirat”

    jadi gini ya … jalan untuk memahami Dien Islam.. kita harus mulai dari memahami arti dari Islam itu sendiri.. Sebab ini paling basic. Kalo basicnya keliru maka pemahaman selanjutnya bakal tambah keliru.

    Kata dasar Islam adalah aslama.. yang artinya taat // atau tunduk patuh // atau berserah diri.

    Siapa yang tunduk patuh ??? Yaitu ciptaanNya….

    Ciptaan yang mana ??? yaitu ciptaan yang ada dilangit dan dibumi.

    Mahluk ciptaan Tuhan yang ada dilangit banyak sekali gan… ada bintang ada bulan ada matahari ada planet dst dst dst …..

    mahluk ciptaan Tuhan yang ada dibumi juga banyak.. seperti: manusia burung ikan pohon air bebek kambing babi dst dst dst …

    Tunduk dan Patuh ???? kepada siapa ???

    Yaitu ciptaan yang tunduk kepadaTuhan sang maha PENGATUR dan patuh kepada ATURAN-NYA, baik secara sukarela maupun terpaksa.

    Ingat gan .. islam is rahmatan lil alamin. bukan rahmatan for humans.

    Dari penjelasan yang singkat itu aja sudah menggugurkan tulisan agan kalo arti Dien Islam adalah sebagai pengatur manusia. catat gan .. manusia hanya sekecil debunya debu dibanding alam semesta yang diciptakan Tuhan Semesta Alam.

    Semoga bermanfaat dan agan tidak tersungging menerima koreksi ini.

    Salam..
    Panca

  4. Jazakallah gan Panca, komentarnya bagus sekali. Terima kasih atas responnya.

  5. @panca
    memang benar ciptaan Allah itu meliputi segala sesuatu di langit, bumi, maupun diantara keduanya. Memang benar semua ciptaanNya harus taat dan patuh pada penciptaNya yaitu Allah. Tapi, yang diberi amanah untuk menjadi kholifah di bumi ini siapa? manusia. Yang saya fahami (silakan diluruskan kalo salah), urusan langit itu diserahkan kepada malaikat, dan sudah dipastikan semua malaikat itu taat dan patuh pada Allah. Urusan bumi itu, diamanahkan Allah kepada manusia, sebagai kholifah, menjalankan “agenda” Allah untuk memakmurkan bumi sesuai dengan hukum2 Allah tanpa terkecuali, nah hukum itu meliputi bagaimana memperlakukan makhluk ciptaan Allah yang lain (seperti hewan, tumbuhan, dll), karena hanya manusia yang diberi karunia akal. Oleh karena itu, dien Islam itu diberlakukannya memang untuk manusia, karena manusia yang diberi amanah untuk mengelola bumi sesuai hukum Allah…

  6. subhannallah ya allah tunjukan’lah hamba ke dien mu. ya allah tolonglah hamba dari kehidupan dunia yang menipu. ya allah dekat’kanlah hamba bersama rosul atau orang” yang berada dalam dien-mu. amien. klo ada yang mau sharing tolong hub saya di 02150594383.

  7. Assalamualaikum
    Ehhh, gan boleh saya rada di komen😀
    Kalo ad diin emang bener agama artinya sudah jelas di al-qur’an, kalo kita mengartikan luas apa yang sudah ada jangan sembarangan, karena nanti kita bisa malah menjadi ro’yi / bit’ah:/
    Maaf yah. wassalamualaikum🙂

  8. berarti dalam kehidupan di dunia ini..ada KERAJAAN ISLAM NYA Dong….?? coba kasih saya penjelasan yg sejelas_jelasnya..kerena DIEN klo menurut sya Tuh artinya sangat LUAS..DIEN berarti PEMBALASAN klo menurut sya mah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s