Menabung di bank syariah yuk…. ^_^

Perbankan syariah atau Perbankan Islam adalah suatu sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariah (hukum) islam. Usaha pembentukan sistem ini didasari oleh larangan dalam agama Islam untuk memungut maupun meminjam dengan bunga atau yang disebut dengan riba serta larangan investasi untuk usaha-usaha yang dikategorikan haram (misal: usaha yang berkaitan dengan produksi makanan/minuman haram, usaha media yang tidak islami dll), dimana hal ini tidak dapat dijamin oleh sistem perbankan konvensional.

Jika kita memperhatikan perkembangan dunia perbankan -khususnya di indonesia- mulai banyak bank syariah yang bermunculan dan banyak juga bank konvensional yang mengeluarkan cabang bank syariahnya. Jika kita mencoba merenung dan menelisik lebih dalam alasan banyaknya kemunculan bank syariah, tidakkah terpikir dalam pikiran kita : “Kenapa ya bank konvensional memiliki juga bank syariah? Pasti ada alasannya khan???”. Sebagai orang awam dan tentu saja juga bukan orang perbankan, pasti perbankan syariah memiliki nilai plus yang tentu saja tidak dimiliki bank konvensional. Dan nilai-nilai plus yang dimiliki perbankan syariah bisa dengan mudah kita cari di internet.

Dan seperti yang sudah pernah disebutkan di paragraf awal, salah satu nilai plus perbankan syariah yaitu : Perbankan syariah hanya berinvestasi di sektor-sektor yang halal, dan hal ini tidak dijamin oleh bank konvensional. Jadi ada suatu kemungkinan (besar/kecil) bank konvensional berinvestasi di sektor yang haram, dan tentu saja bunga yang diterima oleh nasabah bank adalah uang/bunga haram. Dan jika uang ini kita belanjakan dan masuk kedalam tubuh kita ini, gimana donk??? Lanjutkan saja sendiri ya…😀.

Nilai plus lainnya yaitu : Perbankan Islam mencari keuntungan tidak berdasarkan bunga tetapi berdasarkan sistem bagi hasil. Dan untuk bunga bank memang terdapat beberapa pendapat : ada yang berpendapat hukumnya haram, ada yang berpendapat boleh dan ada juga yang berpendapat shubhat. Untuk lebih detailnya, banyak terdapat di internet. Tetapi kita sebagai umat Islam pasti berpendapat satu yaitu kita sama-sama mengetahui bahwa riba adalah haram. Dan hanya perbankan Islam/syariah bisa menjamin bahwa tidak ada unsur riba didalam kegiatan perbankan didalamnya.

Dan masih banyak nilai-nilai plusnya yang tidak bisa saya jabarkan disini, karena nantinya akan menjadi cerita yang sangat panjang sekali…..😀. Dan karena perbankan syariah berazaskan hukum Islam, insya Alloh rezeki yang kita miliki lebih barokah. Dan perbankan syariah tidak hanya untuk orang Islam saja kok, untuk yang non-islam boleh juga kok nabung di bank2 syariah. Dan inilah bukti, bahwa hukum/syariat Islam sebenarnya memberikan rahmat bagi seluruh alam semesta. Oleh karena itu Islam diturunkan bukan? Agar menjadi rahmat bagi semesta alam.

Sudah saatnya, kita yang notabene beragama Islam beralih ke bank-bank syariah. Islam merupakan dien yang sempurna, masa kita tidak mau mendukungnya? Dukungan yang bisa kita berikan sebagai umat nabi Muhammad SAW bisa berupa pengaplikasian hukum Islam di semua bidang, salah satunya hukum perbankan Islam : Perbankan Syariah. Siapa lagi yang akan mensupport Islam selain kita sendiri?😀

Ada begitu banyak ragam bank syariah yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan/style kita sendiri. Bagaimana dengan kemudahan yang ditawarkan bank syariah??? Hal itu tentu saja tidak menjadi kendala, soalnya fasilitas yang ditawarkan bank syariah sama dengan bank konvensional : kemudahan tarik tunai di atm terdekat (*rata2 tergabung dengan jaringan ATM Bersama, dan ada juga bank syariah yang tidak mengenakan biaya penarikannya), kemudahan internet banking (*bank syariah juga bisa internet banking juga lho, salah satunya CIMB Niaga Syariah dll), kemudahan membayar tagihan2 melalui ATM, bebas biaya administrasi (*rata2 bank syariah tidak memotong biaya administrasi), bebas potongan2 (*rata2 bank syariah menggratiskan layanan2nya), kpr syariah, asuransi syariah dan masih banyak lagi. Dengan segitu banyaknya kemudahan yang ditawarkan, masa sih qta ga mau berpindah ke bank syariah😀.

One response to “Menabung di bank syariah yuk…. ^_^

  1. sepertinya bank syariah bagus systemnya,,,, saya juga mau nabung nih di bank syariah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s