Habbatussauda

Setiap penyakit itu pasti ada obatnya, berdasarkan sabda Rasululloh Shallallahu `alaihi wa sallam berikut ini : Dari Jabir radhiyallahu `anhu, Rasululloh Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda : “Setiap penyakit itu pasti ada obatnya. Oleh karena itu, barang siapa yang tepat dalam melakukan pengobatan suatu penyakit, maka dengan izin Allah `Azza wa Jalla dia akan sembuh.” [HR. Muslim, dalam Kitab as­Salaam, bab Li kulli Daa­in Dawaa wa Istihbabut Tadaawii, Hadits no. 2204].

Menjaga kesehatan itu sangatlah penting. Dengan adanya tubuh yang sehat, kita bisa beribadah dengan baik. Dengan adanya tubuh yang sehat, kita bisa melakukan sholat sesuai dengan syariat yang ditentukan. Dengan adanya tubuh yang sehat, kita bisa berdoa dengan khusyu. Oleh karena itulah, setiap muslimin perlu menjaga kesehatannya. Untuk menjaga kesehatan, kita bisa mencontoh perilaku keseharian baginda Rasulullah SAW. Rasulullah semasa hidupnya hanya sedikit sekali menderita sakit. Dan ini pun ada rahasianya, mudah2an dilain waktu saya ada kesempatan untuk membuat artikel tentang hal tersebut.

Dalam menjaga kesehatan, Rasulullah menyarankan meminum Habbat atau Jintan Hitam, seperti hadits berikut ini : Rasulullah SAW bersabda: ”Gunakanlah Habbatus sauda, karena di dalamnya terdapat obat untuk segala macam penyakit kecuali as Ssam (maut)” (Shahih Bukhari dan Muslim). Segala sesuatu yang berasal dari hadits baginda Rasulullah SAW pasti benar, itu salah satu alasan saya mencoba membuat uraian tentang habbats. Mudah2an info dibawah ini bisa bermanfaat.

Habbat atau habbatussauda memiliki beberapa nama lain seperti : jintan hitam, black seed, natura seed, black caraway, nigella sativa, al­Karawiyyah as­Sauda’, al­Kamoun al­Aswad, asy­Syuniz, black cumin, kerosene, coal oil, carazna, kaluduru dan lain-lain. Jintan hitam (Nigella sativa) atau Habbatussauda adalah rempah-rempah yang dapat pula digunakan sebagai tanaman obat. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Jintan hitam diperoleh dari bijinya. Pokoknya mengeluarkan bunga berwarna ungu muda atau putih.
Buahnya berbentuk kapsul yang mengandung banyak biji kecil berwarna putih dan berbentuk trigonal.
Setelah matang kapsulnya terbuka dan biji­-biji ini akan berubah menjadi hitam.

Habbat digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980 – 1037 M), dan Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim dan Al-Baghdadi. Ibnu Sina adalah peneliti jenius dari Timur Tengah di bidang pengobatan yang namanya tercatat di semua buku sejarah pengobatan timur maupun barat, hidup antara 980 – 1037 M, telah meneliti berbagai manfaat Habbatussauda untuk kesehatan dan pengobatan. Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernafasan.

Jintan hitam digunakan ahli pengobatan Yunani untuk mengobati sakit gigi, sakit kepala, hidung tersumbat dan mengatasi parasit usus seperti cacing. Ahli pengobatan Islam yang terkenal, Ibnu Sina di dalam bukunya menyatakan bahwa jintan hitam dapat digunakan untuk meningkatkan metabolisme dan meningkatkan semangat. Jintan hitam juga dikenal sebagai BRM (Biological response Modifier) karena di barat ada penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak dari bijinya bersifat toksik kepada sel kanker. Penelitian ini dilakukan terhadap tikus. Penelitian ini juga menunjukkan, sel kanker yang diberi ekstrak jintan hitam dalm inkubator tidak dapat menghasilkan faktor untuk pertumbuhan (Fibroblast Growth Factor) dan protein berkolagen yang diperlukan untuk pertumbuhan tumor.

Beberapa manfaat jintan hitam :

1. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

2. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

3. Meningkatkan bioaktivitas hormon

4. Menetralkan racun dalam tubuh

5. Mengatasi gangguan tidur dan stress

6. Anti histamin/anti alergi

7. Memperbaiki saluran pencernaan dan sebagai anti bakteri

8. Melancarkan air susu ibu

9. Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita

10. Anti tumor

11. Nutrisi bagi manusia

Habbatussauda

Bunga Nigella Sativa

Nigella Sativa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s