Facebook : Halal ato haramkah?

Facebook, siapa sih yang ga tau facebook?? Kayaknya hampir semua orang tau yang namanya facebook, apalagi kalo udah kenal internet rata-rata kenal yang namanya Facebook. Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sangat populer, melebihi zaman booming Friendster. Dengan berjuta-juta member diseluruh dunia, membuat kita mudah berhubungan dengan siapa saja didunia ini.

Ternyata keasyikan ber facebook ria, menimbulkan suatu fenomena tersendiri bahkan adanya suatu addicted. Waktu berbrowsing dan ber-blogwalking ria menemukan beberapa artikel/pendapat dari beberapa orang. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa facebook itu hukumnya adalah haram. Dianggap haram karena ada mudharatnya. Jadi ada beberapa memutuskan untuk menonaktifkan accountnya. Saya sih sebenarnya menganggap facebook itu sebagai 2 sisi mata uang. Facebook itu saya analogikan sebagai pisau. Pisau ditemukan sejak jaman dahulu dan memiliki banyak kegunaan. Pisau banyak manfaatnya untuk memotong, membantu pekerjaan kita sehari-hari. Tapi pisau juga ternyata bisa digunakan untuk hal yang tidak baik, misalnya membunuh orang, mengancam orang atau melakukan tindak kejahatan laiinnya. Trus apakah karena pisau digunakan untuk tindak kejahatan lantas menjadikan pisau sebagai barang yang haram dan tidak boleh digunakan??😀

Intinya, i just wanna say : gunakanlah facebook sebijak mungkin. Kalau kita menganggap waktu kita lebih tersita berfacebook ria sampai mengabaikan kepentingan kita yang lebih penting lainnya, Facebook bisa dianggap haram. Tapi kalo kita bisa menggunakan Facebook untuk hal-hal yang positif seperti : menjalin silaturahmi, berdakwah, mengajak orang-orang kepada jalan yang baik dan benar,  mempost status yang positif. Didalam Facebook juga banyak grup/halaman yang bercitra Islami, kalian bisa menemukannya dengan mudah. Grup/Page/Fans tersebut biasanya memposting hal-hal yang berhubungan dengan Islam seperti hadits, ayat, fiqih dan lain sebagainya. Jadi sambil berfacebook, ada ilmu yang bisa didapat.

Saya juga ingin mengajak kepada teman-teman semua untuk ber-status positif dan tidak berkeluh kesah. Hindarilah menulis status yang negatif, mencaci maki orang, bergunjing/bergosip ataupun sering berkeluh kesah terhadap masalah yang kita hadapi. Ada suatu hadits, tapi lupa isinya secara lengkap tapi intinya seperti ini : Berbicaralah hanya yang baik-baik saja, kalau tidak bisa sebaiknya diam saja. Berstatus di Facebook juga begitu : berstatus lah yang baik-baik saja, kalo ga bisa jangan berstatus.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s