Manusia, eksistensi dan esensinya [part 1]

Manusia lahir dan selanjutnya menghuni bumi ini adalah sesuatu yang pasti dan tak mungkin dihindari, ia pub kemudian harus menjalani sesuatu kehidupan yang tak pernah dimengerti. Bukan pemaksaan, hal ini memang sudah merupakan ketetapan bahwa ia harus ada, dan sering tak pernah menyadari bahwa keberadaannya bukanlah kehendak dan kuasanya sendiri. Herannya, ketidakmengertiannya ini sering menjadikan dia bersikap sombong. Ia sering bertindak menurut kemauannya sendiri, seakan dialah yang paling hebat dan mampu berbuat apa saja.
Padahal ketika dia terlahir didunia, dia tidak membawa apa-apa yang pantas dan mampu dibanggakan dan dia juga terlahir sebagai mahluk yang tidak berdaya, tak mampu berbuat dan bertindak apa-apa. Pada waktu dia lahir, dunia ini telah ada dan lengkap dengan segala yang dibutuhkan dan diinginkannya sebagai bekal dalam hidupnya. Dengan kemampuan akalnya, manusia akan mampu menguasai dan memimpin dunia, sehingga akibatnya mereka hanya sadar akan eksistensi dirinya, tapi disisi lain mereka lupa akan esensi dirinya sendiri.
Sebenarnya manusia siapapun dia akan menyadari dan sempat mempermasalahkan dirinya, hal itu terjadi manakala terbersit dalam benaknya pertanyaan-pertanyaan : Siapa aku, darimana aku berasal, untuk apa aku ada didunia, dan harus bagaimana aku hidup. Hanya pertanyaan-pertanyaan tersebut bergeser dan tersingkirkan oleh tak terhingganya hajat hidup yang sangat menyita waktu dan perhatiannya. Hanya orang-orang tertentulah yang mau terus menelusuri segala permasalahan tersebut untuk menemukan esensi dirinya. [bersambung….]

Sumber : Undifined….

2 responses to “Manusia, eksistensi dan esensinya [part 1]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s