Tips Sholat Khusyu Bag I

Shalat merupakan ibadah yang pertama kali akan dihisab oleh Allah SWT dibandingkan ibadah yang lainnya. Berarti qta bisa menarik kesimpulan betapa pentingnya ibadah ini dilakukan. Jika pada waktu hari perhitungan ibadah qta bagus, Insya Allah kita khan selamat. Seharusnya shalat yang kita lakukan akan berdampak lahir dan batin bagi yang melaksanakannya.

Trus kalo ga ada dampaknya…berarti ada yang salah khan??? Yups, ada yang salah. Bisa jadi yang kita lakukan selama ini ‘hanya’ sekedar shalat. Shalat yang dilakukan belum menyentuh esensi shalat itu sendiri. Shalat bukanlah hanya sekedar kewajiban tetapi akan menjadi kebutuhan. Kebutuhan seorang hamba untuk bisa berkomunikasi kepada khaliqnya. Nah…biar bisa berkomunikasi, qta harus ngerti khan yang kita omongin. Dalam kata lain, shalat kita harus khusyu biar bisa berkomunikasi. Ada beberapa tips yng mungkin bisa membantu teman2 agar bisa khusyu :

1. Berwudhu dengan sempurna
Usahakanlah mulai saat ini, kita berwudhu secara sempurna dan runtun serta ga tergesa – gesa. Rasakan air wudhu mengalir dan membersihkan segala dosa2 kita yang telah dilakukan.
2. Menggosok gigi
Kalo mau ketemu ama orang yang qta anggap penting, pasti ga mau donk waktu ketemu bau mulut. Apalagi ketemu ama Sang Khaliq, bersiwak ato menggosok gigi juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW.
3. Berpakaian yang rapi
Berpakaian yang rapi dan bersih juga bisa membantu qta tuk khusyu. Kalo qta berfikir, kenapa ama sesama manusia qta bisa berpakaian necis dan wangi? Dan kenapa sih waktu qta shalat, ga bisa berbuat hal yang sama???
4. Mengerti bacaan shalat
Nah ini juga penting, masa qta berdoa selama sholat tapi ga ngerti apa yang qta omongin? Siga nu gelo weh atuh nyak?? Yoook mari, qta sama2 mencoba memahami sedikit demi sedikit tau arti bacaan sholat. Semakin qta tau arti bacaan sholat, Insya Allah akan membuat qta semakin khusyu.
5. Bersambung….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s