Cincin Emas Dan Sutera Haram Untuk Kaum Laki-Laki

Islam merupakan agama yang senang dengan keindahan bahkan menyuruh umatnya untuk berhias asalkan sesuai dengan syariat yang telah ditetapkan. Sutera dan emas merupakan salah satu contoh pakaian dan perhiasan yang banyak dikenakan pada masyarakat saat ini. Trus bagaimana pandangan Islam mengenai emas dan sutera??

Halal dan haramnya emas serta sutera dapat mengacu pada hadits berikut ini. Ali bin Abu Talib r.a. berkata: “Rasulullah SAW mengambil sutera, ia letakkan di sebelah kanannya, dan ia mengambil emas kemudian diletakkan di sebelah kirinya, lantas ia berkata: Kedua ini haram buat orang laki-laki dari umatku.” (Riwayat Ahmad, Abu Daud, Nasa’i, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah). Kemudian Ibnu Majah menambahkan : “halal buat orang-orang perempuan.”

Nabi SAW pernah melihat seorang laki-laki memakai cincin emas di tangannya, kemudian oleh Nabi dicabutnya cincin itu dan dibuang ke tanah. Kemudian beliau bersabda: “Salah seorang diantara kamu ini sengaja mengambil bara api kemudian ia letakkan di tangannya. Setelah Rasulullah pergi, kepada si laki-laki tersebut dikatakan: ‘Ambillah cincinmu itu dan manfaatkanlah.’ Maka jawabnya: ‘Tidak! Demi Allah, saya tidak mengambil cincin yang telah dibuang oleh Rasulullah.'” (Riwayat Muslim).

Adapun memakai cincin perak, buat orang laki-laki jelas telah dihalalkan oleh Rasulullah s.a.w., sebagaimana tersebut dalam hadis riwayat Bukhari, bahwa Rasulullah sendiri memakai cicin perak, yang kemudian cincin itu pindah ke tangan Abubakar, kemudian pindah ke tangan Umar dan terakhir pindah ke tangan Usman sehingga akhirnya jatuh ke sumur Aris (di Quba’).

Memakai pakaian sutera dapat diberikan keringanan (rukhshah) apabila ada suatu keperluan yang berhubungan dengan masalah kesehatan, yaitu sebagaimana Rasulullah pernah mengizinkan Abdur-Rahman bin ‘Auf dan az-Zubair bin Awwam untuk memakai sutera karena ada luka di bagian badannya.

Bagaimana Dengan Emas Putih???

Untuk menjawab pesoalan ini, kita harus mengetahui sifat dan karakteristik emas pada umumnya.
Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: ‘aurum’) dan nomor atom 79. Sebuah logam transisi (trivalen dan univalen) yang lembek, mengkilap, kuning, berat, “malleable”, dan “ductile”. Emas tidak bereaksi dengan zat kimia lainnya tapi terserang oleh fluorin dan aqua regia. Logam ini banyak terdapat di nugget emas atau serbuk di bebatuan dan di deposit alluvial dan salah satu logam coinage. Kode ISOnya adalah XAU. Emas melebur dalam bentuk cair pada suhu sekitar 1000 derajat celcius. Terdapat 12 warna emas yaitu : Yellow Gold (22K) Gold 91.67%, Red Gold (18K) Gold 75%, Rose Gold (18K) Gold 75%, Pink Gold (18K) Gold 75%, White Gold (18K) Gold 75%, Gray-White Gold (18K) Gold 75%, Soft Green Gold (18K) Gold 75%, Light Green Gold (18K) Gold 75%, Green Gold (18K) Gold 75%, Deep Green Gold (18K) Gold 75%, Blue-White or Blue Gold (18K) Gold 75%, dan Purple Gold Gold 80%.

Emas kuning adalah campuran antara emas Au, tembaga Cu dan seng Zn, sehingga warnanya kuning sedangkan emas putih adalah campuran emas Au (yang berwarna kuning) dan logam lain yang berwarna putih seperti nikel Ni, perak Ag, palladium Pd, platinum Pt atau rhodium Rh. Adanya campuran logam-logam putih ini akan mengubah warna emas dari kuning menjadi putih. Ternyata emas putih memeliki karakteristik dan sifat yang sama dengan emas kuning pada umumnya. Oleh karena itu, emas putih juga diharamkan. Hal ini juga berlaku untuk warna emas lainnya.

Bagaimana Dengan Platina/Platinum???

Platina adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pt dan nomor atom 78. Sebuah logam transisi yang berat, “malleable”, “ductile”, berharga, berwarna putih-keabuan. Dari penjelasan tersebut, jelaslah bahwa emas putih bukanlah platinum sebagaimana yang didakwa beberapa pihak. Oleh karena itu platina/platinum tidak haram bagi kaum laki-laki dan dapat dijadikan perhiasan penggganti emas.

2 responses to “Cincin Emas Dan Sutera Haram Untuk Kaum Laki-Laki

  1. platina mahaaaal😀
    Selain emas, bisa pake palladium, perak, platina/platinum, titanium.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s