Cara Makan Rasulullah SAW

Makan merupakan salah satu kebutuhan hidup kita. Tetapi tanpa kita sadari, dari makanan itu dapat timbul berbagai macam penyakit. Trus apa yang salah donk dengan cara makan kita?? Ternyata tanpa kita sadari, pola makan yang kita anut salah sehingga dari makanan tersebut menimbulkan berbagai macam penyakit. Tentu saja dengan penyakit yang kita derita, kita ga bisa beribadah dengan baik.

Pola makan yang paling baik sebenarnya sudah dicontohkan oleh baginda Rasulullah SAW. Rasulullah bersabda Cukuplah bagi manusia untuk mengkonsumsi beberapa suap makanan saja untuk menegakkan tulang sulbinya (rusuknya). Tetapi mungkin dengan cara ini, ada beberapa manusia yang belum sanggup melakukannya. Jika demikian keadaannya, maka diperbolehkan makan tetapi hendaknya jangan melebihi sepertiga dari perut kita. Baginda Rasulullah SAW bersabda Jika tidak bisa demikian, maka hendaknya ia memenuhi sepertiga lambungnya untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk bernafas.

Ibnul Qayyim rahimahullah membagi tingkat makanan menjadi tiga tingkatan:
1. Tingkat kebutuhan: yaitu seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW.  “Cukuplah bagi manusia untuk mengkonsumsi beberapa suap makanan saja untuk menegakkan tulang rusuknya” Jika tidak mampu menahan dirinya untuk menkonsumsi lebih maka ia berpindah ke tingkat berikutnya yaitu…
2.  Tingkatan cukup: yaitu mengisi sepertiga perutnya untuk untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk bernafas, dan hikmah dibalik itu dikarenakan perut kita mempunyai kapasitas yang sangat tebatas dan jika semuanya dipenuhi dengan makanan maka maka tidak ada tempat lagi untuk minum dan sulit bernafas.

3. Tingkat berlebihan: tingkat ini bisa membahayakan dirinya tanpa ia sadari, dan hal ini banyak dialami oleh kita, dan kebanyakan orang yang terjangkit penyakit gula, depresi, kegemukan, jantungan dan stroke tidak lain adalah disebabkan karena mereka tidak mengatur pola makan mereka dengan baik, serta berlebihan dalam makan dan minum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s