Memberi Nama Yang Baik (Islami)

“Apalah arti sebuah nama?” itu yang dikatakan seorang sastrawan Inggris, Shakespeare.  Tetapi didalam dien Islam nama sangatlah penting. Nama merupakan doa orang tua kepada anaknya. Salah satu kewajiban orang tua kepada anaknya yaitu memberikan nama yang baik, bagus dan islami. Seorang datang kepada Nabi Saw dan bertanya, ” Ya Rasulullah, apa hak anakku ini?” Nabi Saw menjawab, “Memberinya nama yang baik, mendidik adab yang baik, dan memberinya kedudukan yang baik (dalam hatirnu).” (HR. Aththusi). Mengapa harus nama Islami??? Kita sebagai umat Islam harus bangga dengan identitas yang kita miliki, identitas tersebut dengan memiliki nama Islami. Kriteria nama yang baik, bagus dan islami panduannya adalah sebagai berikut :

1. Mengandung doa.

Nama yang baik adalah nama yang mengandung doa dan harapan orang tua kepada anaknya.

2. Rasulullah menganjurkan memberi nama anak dengan nama nabi : Muhammad dan melarang memberi nama dengan gelarnya : Abu Qosim.

Dari Jabir bin Abdullah ra., ia berkata:
Seseorang di antara kami mempunyai anak. Ia menamainya dengan nama Muhammad. Orang-orang berkata kepadanya: Kami tidak akan membiarkanmu memberi nama Rasulullah saw. Orang itu berangkat membawa anaknya yang ia gendong di atas punggungnya untuk menemui Rasulullah saw. Setelah sampai di hadapan Rasulullah saw. ia berkata: Ya Rasulullah! Anakku ini lahir lalu aku memberinya nama Muhammad. Tetapi, orang-orang berkata kepadaku: Kami tidak akan membiarkanmu memberi nama dengan nama Rasulullah saw. Rasulullah saw. bersabda: Kalian boleh memberikan nama dengan namaku, tetapi jangan memberi julukan dengan julukanku. Karena, akulah Qasim, aku membagi di antara kalian. (Shahih Muslim No.3976)

3. Haram memberikan nama anak dengan nama Allah seperti Malikul Amlak dan Malikul Mulk (Raja Segala Raja) karena itu adalah nama Allah. Jika menginginkan nama asmaul husna, digabung dengan kata Abdul, contoh Abdul Hadi, Abdul Hakim, Abdullah.

Dari Ibnu Umar ra, Nabi bersabda: Nama yang paling disukai Allah adalah Abdullah (Hamba Allah) dan Abdurrahman (Hamba Yang Maha Pengasih) [HR Muslim]

Dari Abu Hurairah ra.:
Dari Nabi saw., beliau bersabda: Nama yang paling jelek di sisi Allah adalah seorang yang bernama Malikul Muluk. Ibnu Abu Syaibah menambahkan dalam riwayatnya: Tidak ada malik (raja) kecuali Allah Taala.. (Shahih Muslim No.3993)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s