Adab Dalam Buang Air Kecil

Sesungguhnya banyak siksa kubur dikarenakan kencing maka bersihkanlah dirimu dari (percikan dan bekas) kencing. (HR. Al Bazzaar dan Ath-Thahawi)

Sumber: 1100 Hadits Terpilih (Sinar Ajaran Muhammad) – Dr. Muhammad Faiz Almath – Gema Insani Press

Salah satu syarat sahnya diterimanya ibadah kita yaitu suci. Suci dalam arti bersih dari hadas dan najis. Air kencing termasuk najis dan harus kita bersihkan sebelum beribadah. Bagi kaum wanita, suci dari air kencing dapat lebih terjaga. Hal ini karena kaum wanita buang air kecil dengan duduk diatas closet. Cara membersihkannya pun harus benar, yaitu dari arah depan ke belakang. Kalau dari belakang ke arah depan, kotoran2 dapat terbawa dari belakang ke arah depan dan masuk kearah farji. Hal ini tentu tidak diinginkan.

Bagi kaum laki2, membersihkan air kencing harus lebih ‘extra’. Banyak kaum laki2 buang air kecil ‘seasalnya’ sehingga jika tidak berhati2 percikan air kencing dapat mengenai celana. Hal ini tentu saja najis, tetapi banyak dari kita tidak menyadarinya. Untuk menghindari hal ini, kita harus merubah kebiasaan kita. Bagi kaum laki2, setelah buang air kecil dan membersihkannya biasakanlah memercikan air ke arah kemaluan. Hal ini sebagai cara untuk bersuci dan meyakinkan diri kita sendiri bahwa qta sudah benar2 bersih.😀

One response to “Adab Dalam Buang Air Kecil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s