Pekerjaan Paling Baik Di Mata Islam

Audzubillahi minas syaitan nirrajim, Bismilahirrahmanirrahim…

Tidak bisa dipungkiri, kita sebagai umat manusia tentu membutuhkan uang didalam kehidupan sehari-hari. Dan tidak bisa juga kita pungkiri, uang juga bisa kita dapatkan dengan cara yang baik/halal atau melalui cara yang tidak diridhai Allah SWT. Didalam Dien Islam yang sempurna ini pun, telah diberikan petunjuk-petunjuk bagaimana mencari rezeki yang halal dan baik. Terus…pekerjaan apakah yang paling baik didalam Islam???

Sebenarnya didalam Islam tidak ada perbedaan dalam pekerjaan yang palik baik/tidak dimata Allah SWT. Semua pekerjaan adalah baik sepanjang tidak bertentangan dalam syariat Islam itu sendiri. Pekerjaan yang paling baik adalah pekerjaan yang halal. Pekerjaan yang paling baik adalah pekerjaan yang barokah. Pekerjaan yang paling baik adalah pekerjaan yang tidak membuat kita lupa kepada-Nya. Pekerjaan yang paling baik adalah pekerjaan yang akan semakin mendekatkan kita kepada diri-Nya. Pekerjaan yang paling baik adalah pekerjaan yang membuat diri kita semakin bersyukur kepada-Nya.

Mungkin kadang-kadang pernah terlintas didalam pikiran kita dan pernah juga terlintas didalam pikiran saya sendiri “Kayaknya enak ya jadi dia, punya uang banyak, hidup enak, ke kantor menggunakan kendaraan mewah, pake pakaian kerja yang bagus2, semua orang hormat kepada dia, bla bla bla…???” Tapi pernahkah terpikir jika kita berada di posisi dia, bisa jadi itu merupakan posisi yang tidak Allah SWT sukai? Bukan bermaksud su’udzon terhadap orang lain, tapi pernahkah terpikir jika kita punya uang banyak malah dapat membuat melupakan diri-Nya? Pernahkah terpikir, kalo hidup enak malah bisa membuat kita lupa sholat kepada diri-Nya? Pernahkah terpikir, kalo kita ke kantor menggunakan kendaraan mewah bisa menimbulkan rasa sombong didalam diri kita? Pernahkah terpikir, jika kita memakai pakaian yang bagus-bagus daripada orang lain bisa membuat kita memandang rendah orang lain? Dan ternyata, tidak semua hal yang ‘enak2′ tersebut ternyata selalu bagus untuk kita??? Dan mungkin pekerjaan yang sedang kita geluti masing-masing, adalah yang terbaik untuk kita.

Pekerjaan yang sedang kita geluti dalam mencari rezeki, didalam Islam hukumnya wajib. Dan orang-orang yang mencari rezeki yang halal disisi Allah SWT adalah sama dengan jihad, seperti hadits berikut ini : Dari Ibnu ‘Umar, Nabi saw. bersabda: “Mencari rezeki yang halal adalah jihad.” (HR. Abu Nu‘aim). Dan untuk mendapatkan pekerjaan tentu saja pekerjaan yang halal seperti hadits berikut ini Dari Abu Sa‘id, Nabi saw. bersabda: “Apabila seseorang di antara kalian mencari rezeki, hendaklah kalian meminta yang halal.” (HR. Ibnu ‘Adi).

Pekerjaan yang dilandasi iman kepada Allah SWT, tidak akan membuat diri kita rakus/serakah terhadap kehidupan didunia ini. Pondasi kita dalam bekerja adalah mencari rezeki dalam rangka beribadah kepada Nya. Bukankah kita diciptakan didunia ini hanya untuk beribadah kepada Nya?? Seperti firman Allah berikut : “Dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku”. Pekerjaan yang dilandasi nilai ibadah akan menjauhkan kita dari mencari uang yang tidak diridhai Allah SWT.

Pekerjaan yang dilandasi nilai ibadah akan membuat kita semakin bersyukur kepada diri Nya. Mungkin dari pekerjaan yang sedang kita geluti, tidak mendapatkan hasil yang cukup, terus apa solusinya? Yang pertama tentu saja bersyukur kepada-Nya terlebih dahulu, kita masih diberikan kenikmatan didalam dunia ini. Yang kedua adalah berusaha mencari pekerjaan yang lebih ‘baik’ dan yang ketiga tentu saja berdoa, mohon kepada Allah SWT agar kita diberikan kelapangan rezeki, kelancaran rezeki dan diberikan jalan yang lebih baik. Insya Allah, Allah SWT pasti akan mengijabahnya. :D

Terus apa yang harus kita lakukan, jika kita berada di tempat kerja yang kurang baik, yang bisa menimbulkan celah kepada diri kita untuk mendapatkan rezeki yang haram? Yang pertama, tentu saja semakin mendekatkan diri kepada diri-Nya. Yang kedua, tentu saja mencari pekerjaan halal yang lebih baik tentunya. Menginatkan saya akan film Si Doel Anak Sekolahan, seorang insinyur yang jujur dan shaleh didalam mencari pekerjaan. Dia pontang-panting didalam mencari pekerjaan yang baik. Dan suatu saat dia mendapatkan pekerjaan, tapi didalam pekerjaan tersebut disuruh melakukan hal yang bertentangan dengan agama. Dan apa yang dia lakukan?? Dia keluar dari pekerjaan tersebut dan tetap istiqomah dalam mencari pekerjaan yang halal.

Satu lagi yang mungkin kita lupakan yaitu infaq dan shadaqah. Didalam rezeki yang kita dapatkan, terdapat hak orang lain, hak kaum dhuafa. Hak tersebut harus kita keluarkan melalui infaq dan shadaqah, serta bisa disalurkan ke masjid-masjid terdekat. Untuk besarannya sebesar 2,5% dari total rezeki yang kita dapatkan. Besar/kecilnya tidak menjadi masalah, yang penting ikhlas demi Allah SWT. Dengan berinfaq dan shadaqah, kita telah membersihkan harta yang kita miliki. Dan untuk orang-orang yang menafkahkan sebagian rezekinya, akan dibalas oleh Allah SWT berkali-kali lipat. Insya Allah, Amiiiiiiiiiiiiiiiin…. :D

About these ads

10 Responses to “Pekerjaan Paling Baik Di Mata Islam”

  1. putra Says:

    maaf sebelumnya koment saya untuk pembuat web ini . saya mau mengomentari tulisan anda diatas (“Didalam Dien Islam yang MAHA SEMPURNA ini pun”)???? TIDAK BOLEH DIGUNAKAN MAHA SEMPURNA KARNA MAHA SEMPURNA ADALAH \HANYA MILIK ALLAH

  2. Dany Haryanto Says:

    Jazakallah atas masukannya…

  3. athep Says:

    mantaffff….

  4. Deni Says:

    sangat bermanfaat
    ijin copy
    Ttims

  5. pendidikan islam Says:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

    Sahabat, saya sendiri mengalami sulitnya mencari pekerjaan yang halal tersebut. Tetapi sebagai umat Muhammad sudah selayaknya kita berusaha dengan sekuat tenaga…hanya kepadaNya semua yang kita kerjakan. Di jaman sekarang banyak pekerjaan yang halal menjadi haram di mata islam, dan untuk mencari yang halal benar-benar sangat sulit. Saya sekarang bekerja di instansi pendidikan, terus terang saya masih subhat dengan pekerjaan saya. Rosullah SAW mengajarkan kepada kita untuk berdagang, memang saya pikir-pikir itu pekerjaan yang baik dan paling mudah keluar dari kemungkaran…dan juga sangat mudah jatuh dalam nerakaNya kerena kita tidak kuat terhadap coba’an yang diberikanNya. Hanya kepadaNya kita kembali, untukNya amalan kita, shalat kita, zakat kita, sembelihan kita, dan ibadah kita dan masih banyak lagi, mudah-mudahan silaturahmi dari saya ini bisa mendatangkan RahmatNya kepada kita semua, amiin…

    Wassaalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh….

  6. defa Says:

    Assalamualaikum, Wr. Wb.
    Ijin copas artikelnya, buat saya bagikan dan juga buat saya sendiri. Karena sampai saat ini saya belum bisa mendapatkan pekerjaan yang baik di mata ALLAH SWT. dan saya sendiri sebenarnya masih bingung. Pernah menjadi pedagang tetapi belum juga membuahkan hasil.

  7. Hanggar PS Says:

    Terima kasih atas infonya Bang :-)

  8. zati Says:

    salam..nak tanye.. kalau bekerja di syarikat pinjaman wang berlesen tu..halal tak gaji yang diterima??

  9. Morbid Says:

    i feel good trelelelelelet ku suka so good trelelelelelet

  10. dani Says:

    terima kasih atas artikelnya,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: