Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Vs ‘Ass’


Sebenarnya agak bingung mau memilih judul yg sesuai dengan topik yang akan saya coba bahas dibahas dibawah ini. But lets get started….. :D


Assalamualaikum Wr Wb merupakan merupakan doa kepada sesama muslim. Walaupun ucapan salam merupakan doa kepada sesama muslim, kita juga dibolehkan mengucapkan salam kepada suatu forum walaupun didalam forum tersebut tidak bisa dipastikan 100% muslim. Nabi Muhammad SAW pun pernah mengucapkan salam kepada majelis yang bercampur dengan orang Yahudi. Karena ucapan salam hanya untuk sesama muslim, kita bisa menyapa non muslim dengan ucapan (greeting) yang disenangi oleh mereka. Terkadang ada juga orang non muslim mengucapkan salam kepada kita (muslim), kita bisa menjawabnya dengan ucapan “wa’alaikum”.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh memiliki arti “Semoga kedamaian dilimpahkan kepadamu diiringi dengan rahmat dari Allah dan juga barakah dari Allah untukmu.” Arti yang sangat bagus sekali bukan. Salam merupakan doa sesama umat muslim yang didalamnya berisi banyak kebaikan. Tetapi yang banyak terjadi diantara semua adalah suka menyingkatnya. Coba dech perhatikan, misalnya pada saat kita sedang chatting, update status, atau nulis sms terkadang menyingkatnya menjadi ‘Ass’.
Buka kamus bahasa inggris dan cari arti kata dari ‘ass’. ‘Ass’ bisa diartikan sebagai keledai, orang bodoh atau pantat. Atau bisa juga sebagai ungkapan kekesalan. Amat sangat jauh bukan artinya. Mungkin kita tidak bermaksud demikian, tetapi menyingkat salam menjadi ‘ass’ tidak bisa dibenarkan. Beberapa referensi yang saya dapat di internet, menyarankan jika kita tidak sempat menuliskan ucapan salam secara lengkap lebih baik diganti dengan ucapan ‘hai’ atau ‘halo’ dan lain sebagainya. Kalo saya sendiri sih, dulu suka menyingkat ucapan salam menjadi ‘ass’. Kalo sekarang menyingkat ucapan salam (*kalo terburu-buru) dengan ‘Asw’ walaupun ini sendiri sebenarnya tidak terlalu tepat. Lebih tepatnya lagi sih menuliskan ucapan salam secara lengkap. Yukz kita sama2 berubah ke arah yang lebih baik lagi. :D

About these ads

62 Responses to “Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Vs ‘Ass’”

  1. Salsabila Says:

    Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

    mohon maaf, bukankah penulusannya harusnya seperti itu. dan tidak boleh disingkat Assalamu’alaykum wr.wb. karena akan lain juga artinya bukan?..syukran

  2. Dany Haryanto Says:

    Saya sangat setuju sekali dengan yang dikatakan mas salsabila, penulisan salam yang paling baik tentunya yang paling lengkap. Dengan mempersingkat penulisan, artinya akan berbeda juga. Terima kasih atas komentarnya. :D

  3. anggre Says:

    mohon maaf, utk bahasa sms or chatting itu tdk masalah. selama pengucapan atau penyampaian secara lisannya tidak disingkat.
    contoh :
    tulisan / sms ucapan /lisan
    1. Ass = assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
    2. Alloh SWT = Alloh Subhanahu Wa Ta’alla
    3. Muhammad SAW = Muhammad Solallohu Alaihi Wassalam.
    4. Jaz = JazaakAlloh
    5. Khoir = Khoiron
    6. Kats = Katsiron
    5. QS = Quran Surat
    6. HR = Hadist Riwayat
    dan masih banyak lagi..
    jangan permasalahkan yang tidak prinsip.
    Mari kita tegakkan/jalankan yang prinsip/pasti-pasti saja. (AL-QURAN)
    Sudahkah kita berada di dalam Rombongan Dien yang diridhoi Alloh bersama orang-orang yang bertaqwa???

  4. Dany Haryanto Says:

    Terima kasih atas masukannya anggre. Untuk saya pribadi, saya setuju dengan poin 2 – 6 tp untuk poin 1 lebih menyukai jika untuk menyingkat salam dengan kata asw, lebih baik lagi jika kita sebagai umat muslim menuliskannya dengan lengkap.
    Memang untuk hal ini, memang tidak prinsipil tapi jika ini bisa membuat kita lebih baik sebagai umat nabi Muhammad SAW, mengapa tidak?? ;)

  5. ara Says:

    Jika pikiran kita bersih, mau disingkat apa saja tidak akan menjadi persoalan. Dalam bahasa indonesia,kenyang artinya adalah sudah makan, tidak lapar. Dalam bahasa bali, kenyang berarti (maaf) tegang (alat vital). Anda tidak bisa memaksa orang bali merubah bahasa mereka. Inti yα̲̅ng saya sampaikan adalah, Allah tidak mempermasalahkan bahasa, istilah, singkatan selama yα̲̅ng bersangkutan hati dan pikiranya hanya pada Allah.

  6. bambang Says:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Saya Setuju Dengan Ara, Selama Hati Kita Bertujuan Kepada Allah,, saya Juga Setuju dengan Teman-teman Semua Kalo Bisa Di KAsih Lengkap Lebih Baik Lagi,, Semoga Kita Tetap Di dalam Iman Islam,, Amien.

  7. Dany Haryanto Says:

    Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarokatu
    Amin..amin..amin, Insya Alloh kita akan tetap dalam iman Islam :D

  8. FAISAL SIDQI Says:

    asalamualaikum warahmatullah hi wabaro katuh semoga kita semua umat islam dilimpahkan nikmat yang banyak dari allah. seperti yang terdapat pada surat al kausar ayat 1

  9. FAISAL SIDQI Says:

    semoga kita dapat rezeki yang banyak

  10. Dany Haryanto Says:

    Amin…amin..amin.. :D

  11. elyas faisal Says:

    sami’na wa ta’na.. Islam adlh agama yg smprna n mudh bg yg dmudhkn, brngspa yg mlakukn ksalahn sbesar bji zahra mka akn dlihtx n brngspa yg mlakukn kbnarn kbaikn skcil zahra pula akn dtmuix dkmudian.hari brhati2lh dlm bragam,

  12. zanatany malagasy indonesieMoustaffa Says:

    Benar sekali tadi yang dibicarakan di artikel ini, makanya saya agak dipanjangin sedikit seperti:” Assalam. Wr.Wb oleh karena itu tadi artinya tidak baik sama sekali bukan kurang baik juga.

  13. Arief Kun Says:

    masyaAllah, masih banyak saudaraku seiman yang masih terjerat dengan jargon “yang penting niat”,

    niat juga perlu pembuktian, ga bisa seenaknya bilang “yang penting niat” tapi caranya brutal and ga ada dalam kamus hidup rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.

  14. Dany Haryanto Says:

    Maaf, bagian mana yg ga ada dalam kamus hidup Rasulullah SAW??

  15. deni Says:

    sebenarnya kata salam bukan hanya untuk sesama muslim karena kata itu hanya merupakan bahasa arab yang artinya sudah anda jelaskan, Bagaimana dengan orang Timur tengah yang sebagian besar menggunakan bahasa arab dan yang bukan muslim tetapi tetap menggunakan kata assalamu’alaikum dalam menyampaikan salamnya. Terima kasih dan semoga kita bisa mengasihi sesama umat manusia sesuai arti dari kata yang kita bahas itu.

  16. meity Says:

    sy mlkkn search di google mengenai makna salam tsb. tp sy tertarik dgn forum yg ada. may i join with u ? sy jg msh belajar. dan ingin memperdalam ajaran idola sy (muhammad saw)
    tengkyu

  17. Orang Bodoh Says:

    Komentarku Untuk Semua yang beranggapan menyingkat sesuatu (Salam) itu boleh selama tidak mampermasalahkan yang prinsip.
    1.Maukah kalian hidupnya di Persingkat?
    2.Maukah Rizki Kalian di Persingkat?
    3.Maukah segala hal yang diberikan pada kalian di Persingkat?

    Sesunguhnya Allah maha tau apa yang kalian perbuat…
    Maka berikan apa yang ingin diberikanNya kepada kalian..

  18. Iyos Rosmi Says:

    Assalamualaikum wr.wb. saya pribadi tidak akan berkomentar karena sdh byk yang berkomentar. Saya cuma mo mengungkapkan perasaan saya. Setelah sy tau arti ass yg sebenarnya, setiap sy terima sms yg pakai kata ass rasanya diri ini lagi direndahkan gt. Tapi itu cuma perasaan sesaat saja dan langsung berfikir mugkin orang itu belum tau. Alhamdulillah sy sdh tau, jadi kalo sy mau sms sebisa mungkin ga menyingkatnya menjadi ass untuk menghindari sakit hati org yg saya kirim sms, bisa jadi org itu sdh tau arti dari ass. Terima kasih..

  19. orie Says:

    begitulah komen orang2 yang menganggap mudah segala urusan, padahal dalam Islam tidak urusan agama ini yang dianggap sepele/remeh, karena jika sudah meremehkan hal2 yg seperti itu, maka selanjutnya akan dianggap remeh pula perkara-2 agama yg lain.
    Tahukan anda, bahwa itulah propaganda Yahudi dalam mengacaukan aqidah umat Islam, mereka mulai dgn hal2 yg menurut kita sepele, dgn mempolulerkan ucapan salam dgn bahasa gaul, dan memang itu ditujukan bagi kaum muda, agar mereka semakin jauh dari agamanya…
    Nauzdubillah……

  20. fitri Says:

    skr jg ada yg pakai sapa salam dgn kata “mikum” , pdhl kan bs dgn kata Salam, Hai, halo…
    Wallahu’alam

  21. hengQ Says:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Benar yang di katakan @Orie, Islam tidak ada sesuatu hal itu yang sepele atau disepelekan. Marilah kita beriman kepada ALLAH

  22. baathin Says:

    Dan di antara keduanya (penghuni surga dan neraka) ada batas; dan di atas A`raaf itu ada orang-orang yang mengenal masing-masing dari dua golongan itu dengan tanda-tanda mereka. Dan mereka menyeru penduduk surga:” Salaamun `alaikum”. Mereka belum lagi memasukinya, sedang mereka ingin segera (memasukinya). (QS: Al A’raaf : 54) (yaitu) surga Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang shaleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;(sambil mengucapkan): “Salamun `alaikum bima shabartum”. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu. (QS: Ar ra’d :23-24) Dan dikatakan kepada orang-orang yang bertakwa: “Apakah yang telah diturunkan oleh Tuhanmu?” Mereka menjawab: “(Allah telah menurunkan) kebaikan”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa, (yaitu) surga Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa. (yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): “Salaamun`alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan”. (QS. An Nahl: 30-32)
    “Dan apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa). Sesungguhnya Alloh memperhitungkan segala sesuatu.” (An Nisaa’: 86).
    “Sesungguhnya Alloh dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah untuk Nabi dan ucapkanlah salam kepadanya.” (Al-Ahzab: 56)
    “Terhinalah seorang yang aku (namaku) disebut disisinya namun ia tidak mau bershalawat untukku.” [HR. At-Tirmidzi, kata Asy-Syaikh Muqbil dalam Ash-Shahihul Musnad Mimma Laisa fish Shahihain, “Hadits hasan gharib.”]

  23. Gerizal Says:

    Walaikum salam

  24. eci Says:

    saya sependapat dengan orie, memang itulah orang2 yahudi dan kafir ingin merusak aqidah umat Islam dan makanan empuk bagi orang2 sok tahu tetapi tidak tahu artinya, assalamu’alaikum itu ayat Al-Quran tidak boleh untuk main2, salah pengucapan salah juga artinya, dosa bagi yang sudah tahu tapi tetap melaksanakannya.

  25. Apri Suseno Says:

    Trimakasih ya…atas bantuannya, sy emang sedang bantuin anak mengerjakan soal PR agama Islam.

  26. Dany Haryanto Says:

    Sama2, semoga artikelnya bermanfaat untuk kita semua..

  27. filha Says:

    klo yang kasih salam orang non muslim jawabannya *cukup* wa’alaykum -dan kepadamu-
    sebagaimana hadits:

    Berkata Hisyam bin Zaid bin Anas bin Malik: Saya pernah mendengar Anas bin
    Malik berkata: Seorang Yahudi pernah lewat dihadapan Rasulullah
    Shallallahu’alaihi wa sallam lalu dia mengucapkan (salam dengan ucapan): AS
    SAAMU’ ALAIKA. Maka Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam menjawabnya:
    “WA’ALAIKA. Kemudian Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda
    (kepada para Shahabat): “Tahukah kamu apa yang dia ucapkan? Dia mengucapkan
    (salam kepadaku dengan ucapan): AS SAAMU’ALAIKA.”
    Para shahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, bolehkan kami membunuhnya?
    Beliau menjawb: “Jangan! (Tetapi) apabila Ahlul Kitab memberi salam kepada
    kamu maka jawablah: “WA’ALAIKUM (saja).”
    (HR. Bukhari no. 6926).

  28. gundulmu Says:

    assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh…
    setuju yang dikatan@ Orang Bodoh
    ga’ mau ah dapat kehidupan yang di persingkat…. ahahahahahahaaa,…. pissss ya..
    semoga kita selalu dalam lindungan allah subhanawata’ala….

  29. dodyc Says:

    Komunikasi yang indah..seperti indahnya makna salam..Thanks

  30. Agung Ramdani Says:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    alhamdulillah.. pagi” dapat ilmu yang sangat bermanfaat,, dari artikel’a,, dari yg komentar… terimakasih semuanya…

  31. Cerdas Dan Pintar itu Perlu Says:

    Ternyata kata “Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh” tidak hanya digunkan orang muslim, Salam ini juga digunakan oleh kultur Kristen di Timur Tengah yang mempunyai arti “kedamaian dan kesejahteraan” bagi yang mengucapkan salam dan penerima salam tersebut. Salam ini sama dengan salam shalom aleichem dalam bahasa Ibrani.
    Sumber : http://http://id.wikipedia.org/wiki/Assalamu_alaikum

  32. lina Says:

    Alhamdulillah…..saya merasa berkewajiban menyampikan kepada siswa2 saya di sekolah menengah, kalaupun bukan masalah terlalu prinsip, tetapi sebagai Ummat Islam kita wajib memberikan informasi yang benar, termasuk arti singkatan ass…..

  33. Muhammad Iqhrammullah Says:

    maaf saudara “Cerdas Dan Pintar itu Perlu” saya sudah membaca dan bahkan membaca ulang artikel itu lagi.
    Bismillahirrahmanirrahim
    Yang dimaksudkan oleh penulis adalah “Assalaimualaikum”. Coba ditelaah hadist yang saudara Filha sampaikan, seorang Yahudi memberi salam kepada Rasulullah SAW,”Assalmmualaika.” Juga mari kita lihat kutipan berikut ini;
    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh memiliki arti “Semoga kedamaian dilimpahkan kepadamu diiringi dengan rahmat dari Allah dan juga barakah dari Allah untukmu.”
    Intinya adalah “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh” mengandung doa kepada Allah sedang “Assalamu’alaikum” tidak atau sama artinya dengan Salam Sejahtera (bahasa salam ini sering disebut pada kultur Indonesia saat menterjemahkan “Assalamu’alaikum”). Tidaklah Yahudi ataupun Kristen menyembah Allah SWT kecuali dia beriman dan memeluk Islam. Kalaupun dia berdoa dan mengakui Allah sebagai Tuhan mereka, namun meninggalkan perintah dan larangannya, tidaklah mereka beriman. Jelas “Bagimu agamamu, bagiku agamaku.”
    Wahai saudaraku semua, ada baiknya kita membaca artikel yang dimuat di wikipedia itu secara keseluruhan. Takutnya akan menjadi fitnah, jika informasi yang disampaikan hanya separuhnya.

  34. A.Shafrullah Says:

    Anggre anda benar…
    Danny Haryanto…bagaimana dengan SWT, SAW, AS
    Yang penting sebagai orang yang seiman dan seagama mengerti dan faham ASS itu adalah Assalamu’alaikum BUKAN KELEDAI dan SAW adalah Shallallahu’alaihi wasallam BUKAN GERGAJI….
    maaf kawan2 seiman dan seagama jangan pernah menggati ucapan salam dengan pengertian lain yang tak mempunyai nilai ibadah, sebagai contoh; “hai../ hello”, adalah sapaan, dalam kultur ketimuran (indonesia) tidak sopan dan KURANG MENDIDIK ANAK BANGSA DALAM BERBAHASA KEPADA KAKAK, ADIK, ORANG TUA, GURU, PAMAN, DLL.

  35. shayana aulia nabella Says:

    terima kasih lohhh….udah membuat saya tau arti salam untuk umat islam….pertamanya saya tidak tau artinya setelah saya tau artinya saya sadar betapa penting nya salam bagi umat islam….semoga setiap umat islam mengucapkan salam dimanapun ia berada ya…aminnnn…..

  36. rina Says:

    makasih dengan ada.na situs ini,,membuat saya mengerti atri dari assalammualaikum Wr. Wb.

  37. Ali Zainal Abidin Bil Fagih Says:

    Sangat baik sekali post dari blog, saudara Dany ini, sebagai umat muslim Kita harus menghargai Mas Dany :)

    Saya baca disini ada yang ngotot tidak mempermasalahkan jika disingkat2, mari Kita mempelajari bersama – sama lagi, tentang Al Quran, disampaikan melalui bahasa arab yang pastinya dengan maksud tertentu oleh ALLAH, semua orang bisa mempelajari bahwa bahasa arab itu, beda sedikit saja suku katanya, bisa beda artinya.
    sebagai muslim, Kita diperintahkan untuk berperilaku teliti dan berhati – hati. Jika memang ada keengganan sedikit untuk ngetik panjang2 seperti kalimat salam lengkap, lebih baik ketik saja “hai”, halo. Karena mengucapkan salam muslim disingkat – singkat itu membawa nama ALLAH dan nabi2 NYA, jadi perlu kiranya Kita selalu menjaga nama baik ALLAH dan para utusanNYA. Terima kasih

  38. NindYa TrYee NurazizZah Says:

    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh

  39. Rendi Says:

    saya orang awam yang tidak mendalami ilmu agama secara khusus dan saya setuju dgn maksud penulis yang menyatakan lebih baik jika ditulis secara lengkap………TAPI saya kurang setuju dgn penjelasan penulis tentang arti ASS dalam kamus bahasa inggris karena kalimat salam ini berbahasa arab tapi kenapa penulis tidak memberikan penjelasannya tentang arti ASS dari kamus bahasa arab?? menurut logika saya, tidak relevan bila seseorang bermaksud mengucapkan kalimat dalam bahasa arab kemudian ditanggapi artinya dalam bahasa inggris……..kalo alasannya seperti itu, menurut saya tidaklah menjadi masalah bila penulisan salam disingkat menjadi ASS saja krn org yang mengetik tersebut pasti bermaksud mengucapkan salam dalam bahasa arab bukan bahasa inggris………terimakasih, salam.

    notes : saya setuju dengan pendapat ara dan sangat setuju dengan pendapat anggre

  40. ady stiyawan Says:

    subhanallah.
    semoga kita semua yang sudah mampir di bloknya saudara kita Dany Haryanto mendapatkan syafa’at lebih banyak lg, dan dpt menemukan blok2 lain yang nantinya dapat mengantarkan kita semua berkumpul kembali ke surganya allah swt. amin.
    Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh.
    coba mampir kesini juga saudaraku.. http://www.takafulumum.co.id/index.php/in/renungan-harian/168-tiga-jalan-menuju-surga

  41. Peluang bisnis e-miracle Says:

    […] Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh […]

  42. hasbullah Says:

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  43. Reza Says:

    Setiap pendapat alangkah lebih baik kalau disertakan dengan dalilnya, ra’yu itu relatif, tidak dijadikan pedoman…

  44. nanix Says:

    semuanya bener.apalagi kalo sempet mengucap dan tanpa menyingkat.jadilah orng paling sabar dan brpikir jernih dalam melakukan suatu hal.

  45. etalasebunga Says:

    di singkat atau tidak, saat mengucapkan salam di saat sms atau chating tidak jadi masalah yang penting niatnya, sesungguhnya allah maha tau dan lebih tau dari kita semua.

  46. Dany Haryanto Says:

    Mbak etalasebunga meniatkan mengucapkan salam, mengapa tidak dengan cara yang lengkap? Niat memang baik, untuk pelansanaannya juga harus baik khan? :D

  47. ameeraa Says:

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh ^o^

    kalo ditulis lengkap yg baca juga lengkap ngucapnya
    kalo wr wb yg dibaca cuma assalamu’alaikum aja we-er we-be ga kebaca
    ato malah dibaca we-er we-be juga ^^
    terimakasih sudah di ingatkan
    kalo ga mau kepanjangan cukup tulis aja Assalamu’alaikum
    daripada disingkat ass… niatnya ngasih salam mendoakan tp seolah ga niat nulis dalam menyampaikannya

    Allah Maha Tahu, yang jelas Maha Tahu kalo hambaNya menyampaikan doa pada sesama lewat tulisan aja malas apalagi kalo suruh ngasih bantuan yang lainnya heheh

    Mohon maaf kalo ada salah kata, saya setuju dengan yg memposting blog ini.

  48. usagi Says:

    hum kalau gitu mending jangan jawab orang yg memberi salam ya? kalau nga sala beda lafal tulisan itu beda maknanya juga … :D
    nice .. semoga banyak yang ber alih k bahasa baik dan benar setelah baca artikel ini …

  49. usagi Says:

    ralat komen yang di atas .. maksudnya jangan jawab /mengingatkan orang yg me nyingkat2 tulisan salam ..
    :)
    mohon maaf jika salah kata …

  50. Peluang bisnis e-miracle - Suharyanto Says:

    […] Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh […]

  51. micky mickael sembiring Says:

    mohon bantuan kepada saudara sekalian yg muslim..,saya nos muslim(katholik).saya ingin bertanya ttg pengucapan salam dlm bahasa muslim.,apakah haram hukumnya bila saya mengucapkan kalimat “assalamu’alaikum” bagi teman saya dikantor yg pemeluk agama islam…???
    sbab ada yg mengataka dari mereka klo saya mengatakan kalimat tsb’,saya berdosa dan haram hukumnya…
    mohon kepada saudara skalian utk membantu saya dlm ajaran tsb agar saya tdk tersesat didalam lingkaran ketidak tahuan saya ini.
    sebelum & sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih kepada saudara sekalian atas kesempatan yg diberikan bagi saya utk bertanya…

  52. Dany Haryanto Says:

    Sepengetahuan saya, saya belum pernah mendengar kalau non-muslim mengucapkan salam kepada umat Muslim itu berdosa dan haram. Tetapi untuk umat muslim boleh mengucapkan ‘Wa’alaikum’ saja berdasarkan hadits berikut “Jika seorang ahli kitab (Yahudi dan Nashrani) memberi salam pada kalian, maka balaslah dengan ucapan wa’alaikum.” (HR. Bukhari no. 6258 dan Muslim no. 2163).

    Untuk teman-teman yang lainnya, mungkin ada yang bisa membantu??

  53. Cleeon Says:

    kepada Pak Micky Michael, Saya coba jelaskan berdasarkan pengetahuan dari kitab2 suci ALLAH dan kisah para Nabi2 utusan TUHAN. Begini agar tidak terjadi kesalahpahaman dan tidak terjadi ikut mengikuti yang tidak mengetahui apalagi yang tersesat dan menyesatkan.

    arti kata dari assalamualaikum adalah “semoga keselamatan senantiasa tercurahkan/terlimpah kepadamu/lawan bicara atau Orang yang ditemui/dihadapi”.

    Seorang apapun yang mengakui bahwa hanya ada 1 TUHAN yang benar dan mengakui bahwa Muhammad adalah salah satu nabi ALLAH, tetapi Mereka masih belum mendapat keyakinan kuat dn hidayah ikut kembali masuk Islam, disebut sebagai Dhimmah, adalah orang2 sebagaimana sifat tersebut dan damai, bahkan bantu membantui kepada umat Islam.
    seluruh kaum Dhimmah atau Dhimmi, maka seluruh Muslim diperintahkan untuk berdamai dan bahkan melindungi mereka sebagaimana melindungi tubuh nabi Muhammad sendiri.

    jadi pak Micky Mickael, kalau Anda merasa Diri Anda termasuk yg berdamai dan bersahabat dengan muslim, serta berusaha rukun, Anda adalah seorang Dhimmah, jika Ada orang lain mengaku muslim atau bahkan yg bukan muslim berani jangankan menyakiti fisik Anda, melukai perasaan Anda pun, maka Anda berhak meminta pembelaan dari seluruh Muslim, termasuk Saya dlam hal ini.

    Sebenarnya dalam sudut pandang seorang Muslim, maka Kami, Saya contohnya memang berhak jika mendapat salam dari seluruh manusia, jadi Anda melakukan perbuatan benar.

    Tetapi maaf pak Micky Michael, ketika Anda memberikan salam kepada seorang Muslim yg benar2 muslim, itu adalah hak Kami menerimanya, tetapi membalas dengan mendoakan Anda itu bukan kewajiban, tetapi juga hak Kami kepada Anda.
    misalnya, Anda memberikan salam kepada Saya, “Assalamualaikum pak Ali”, Saya senyum menerima, dalam keadaan Saya mengetahui Anda masih orang Catholic yg baik, Saya bisa membalas dengan “semoga ALLAH berkenan memberikan jalan yang lebih baik atau petunjuk kepada Anda”

    jika Saya dalam keadaan mengetahui Anda berbalik menjadi orang yg jelek kelakuannya, Saya bisa diam tidak menghiraukan atau justru memperingatkan dengan tegas semisal ini “tidak diterima doa dan salam orang2 buruk, hanya sia2 saja”.

    Anda sangat baik mau menghormati dan berusaha damai dengan kaum Muslim, Salaam pak Micky Michael.

    sejujurnya bahkan Saya jika ada orang ngaku muslim ngasih salam kepada Saya dengan assalamualaikum, dalam kondisi merokok, saya cuma akan jawab salaam atau wa alaikum salam
    ga nambah wa rahmatuLLAH>>>dan semoga ALLAH merahmatimu

    dikarenakan percuma saja, rahmat ALLAH tidak pantas untuk orang2 yg ngaku2 muslim, sudah tau rokok itu buruk, tapi masih berani terang2 an merokok.

    semoga dengan ini jelas, Islam adalah jalan hidup yang normal, ga kolot atau kaku, tetapi adil dan sesuai dengan naluri di alam semesta ini.

    Sekian dan sekiranya ada yang berani berbeda pendapat dengan yang Saya jelaskan, silahkan Anda mengajukan, tetapi sebelumnya harap ingat, sekuat apapun Anda ngotot, Saya tidak akan kalah jika Anda dalam hidup sehari – hari berani melakukan perbuatan buruk terang2 an, misalnya merokok atau menonton lawakan dengan tertawa terbahak – bahak, maka percuma saja menantang Saya, Anda sudah dipastikan kalah, Saya cuma akan berdamai dan tunduk dengan Orang2 yang lebih baik menjalankan imannya.

  54. Sujarwo Jarwo Says:

    mari berbagi penetauan

  55. ega tama Says:

    Assalamu`alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Kalau ada yg blg perkataan salam itu sm. Maka saya pribadi mengatakan, anda BODOH.
    Mengapa orang Arab non Muslim jg mengatakan assalamu`alaikum? Jelas krn mereka berada pd negara dg mayoritas Muslim. Dan mau gk mw mereka jg harus salam seperti itu.
    Dan, tahu dr mn anda semua warga non Muslim di Arab mengatakan assalamu`alaikum? Dah pernah riset di sana? Apa cm, KATANYA?
    Tau gak anda siapa yg ngebuat pernyataan, salam artinya sama. Agama apa aja itu sama.
    Gak! Islam itu beda.
    Kalau nabi dah bilang itu, ya harus di sampaikan itu. Jgn di rubah!

  56. bay Says:

    Klo ane pake AslmWrWb

  57. Vian Says:

    Bagaimana dgn ucapan salam WA’ALAIKA ato jwaban ASSALAMUALAIKA..??
    mgkin bsa d bagi ilmu nya..
    Makasih

  58. Betty purwanti Says:

    Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh
    islam itu tdk mmberatkan ttpi alangkah baik’y kt belajar melihat kebelakang apakah d jaman dulu ada ucapan salam yg d singkat???

  59. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Vs ‘Ass’ | muhyidin's Blog Says:

    […] Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Vs 'Ass'. […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: